Skip links

Wisata Alam Di Solo yang Amat Sayang untuk Dilewatkan

Wisata Alam Di Solo - Berlibur di alam bebas dapat membuat pikiran kamu yang tadinya penat dan bosan menjadi fresh. Selain itu, berlibur juga dapat menjadi cara untuk mendapatkan inspirasi atau mengeratkan hubungan dengan teman atau keluarga. Solo, yang juga dikenal sebagai kota Surakarta, merupakan kota yang kaya budaya, sejarah dan tempat wisata. Rugi sangat, kalau kamu biasa berlibur tapi belum pernah ke kota yang memiliki lima kecamatan ini.

Kalau kamu membawa pasangan atau keluarga, pastikan kenyamanan dalam perjalanan. Perjalanan yang gak nyaman lelahnya bisa dua kali lipat. Kamu bisa coba mencari sewa mobil murah di Solo, seperti sewa mobil avanza di Solo tanpa sopir atau bisa dengan mencari informasi lebih jauh di persadasolo.net. Berikut ini destinasi wisata alam di Solo yang amat sayang untuk dilewatkan.

Wisata Alam Di Solo yang Amat Sayang untuk Dilewatkan

wisata alam di solo
  1. Grojokan Sewu

Grojogan sewu itu bukan berarti air terjunnya ada ada seribu. Kata sewu itu maksudnya seribu pecak, satu pecak adalah satu telapak kaki orang dewasa. Kalau di konversi, kira-kira air terjun ini memiliki ketinggian 81 meter. Disini kamu bisa bersantai menikmati indahnya air terjun dengan tebing bebatuannya yang tinggi menjulang berikut tempat landasan airnya.

Selain air terjun utama, ada juga air terjun yang tidak terlalu tinggi tapi pancurannya meluas membentuk cabang. Kalau sedang musim hujan air terjunnya semakin banyak di sekeliling tebing. Tumbuh-tumbuhan yang ada di tempat ini masuk dalam kawasan hutan lindung. Kamu juga bisa melihat monyet-monyet jinak di pepohonan. Spot favorit untuk berfoto di tempat ini adalah di jembatan dengan background air terjun

  1. Air Terjun Jumog

Tempat ini kece banget buat kamu yang mencari spot foto dengan biaya yang murah dan instagamable. Lokasi ini disebut sebagai surga tersembunyi Karanganyar punya yang ada di lereng gunung lawu. Ada informasi bahwa sekitar pukul 10 pagi, kita dapat melihat pelangi yang melengkung dekat air terjun dengan tinggi 30 meter ini. Selain panorama keindahan air terjun, di lokasi ini tersedia wahana untuk permainan anak-anak dan kolam renang.

  1. Air Terjun Girimanik

Air terjun girimanik masih didominasi oleh tanaman hijau dan bebatuan. Udara disini sangat menyegarkan dan berbeda jauh dengan udara perkotaan solo. Yang menjadi ciri khas dari kawasan air terjun ini adalah terdapat tiga air terjun yaitu air terjun manik mayo, condromayo, dan tinjo moyo.

Bila dilihat dari kejauhan, air terjun ini bertingkat, yang paling tinggi adalah air terjun manik mayo dengan ketinggian mencapai 70 meter. Kamu akan terpukau, matamu akan dimanjakan oleh indahnya ketiga air terjun ini dan aliran air yang menyusuri bebatuan dan dilengkapi dengan tanaman hijau.

  1. Taman Balekambang

Taman yang asri, indah dan bersih ini sangat cocok buat kamu yang ingin bersantai bersama keluarga. Terdapat dua bagian taman disini, yaitu taman air partini dan hutan partinah. Dinamakan demikian karena di dalam taman tersebut tempat patung partini dan partinah yang merupakan putri dari Mangkunegara VII.

Di taman ini terdapat batu istimewa yang dinamakan dengan batu asmara. Batu asmara ini adalah pecahan meteor yang pernah jatuh di kota solo. Tak hanya pemandangan alamnya yang indah, taman balekambang juga merupakan salah satu tempat berkembangnya berbagai seni asal Surakarta. Seringkali ada pertunjukan megah di lokasi ini.

  1. Candi Sukuh dan Candi Cetho

Dengan sewa mobil avanza di Solo tanpa sopir anda dapat leluasa mengunjungi candi Sukuh dan candi Cetho yang masih digunakan untuk tempat ibadah umat hindu karanganyar. Candi Sukuh mirip dengan candi suku Maya di Meksiko. Menurut para ahli, Candi yang yang terdapat arca dengan relief yang vulgar ini dibangun untuk tujuan ruatan.

Candi cetho yang memiliki arsitektur unik ini dibangun tepat di atas bukit dengan pemandangan yang indah. Perjalanan menuju candi Cetho ini sangat menyenangkan karena melewati perkebunan teh kemuning yang memukau. Selamat menikmati indahnya kota menawan ini ya. Jangan menyesal kalau nanti kamu jatuh cinta.

Detail Information
Lokasi : Perum Graha Mayang No 5 Mayang Gatak Sukoharjo Surakarta Jawa Tengah Phone : 08112807780 Whatsapp : 08156706125 Email : info@persadasolo.net
Baca Juga  Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Leave a comment