Skip links

Candi Cetho Kota Solo yang Sangat Mengagumkan

Candi Cetho Kota Solo – Berbicara mengenai tempat pariwisata, setiap daerah pasti memiliki keistimewaan destinasinya masing-masing. Seperti halnya Candi Cetho Kota Solo yang dikenal akan keindahannya. Bukan hanya itu saja, namun masih ada kelebihan lain yang tak kalah menarik.

Candi Cetho Kota Solo

Indahnya kota Solo membuat para wisatawan tak pernah mengalihkan pandangannya. Dengan banyaknya destinasi termasuk salah satunya Candi Cetho, menjadikan Solo masuk ke dalam salah satu kota yang wajib dikunjungi saat berlibur.

Candi Cetho yang letaknya berada di lereng Gunung Lawu tepatnya di Dusun Ceto Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kab. Karanganyar ini bercorak agama Hindu. Uniknya, lokasi tersebut ada di ketinggian 1.496 mdpl. Tak heran selain indah, namun pemandangannya sangatlah hijau dan sejuk.

Sebelum sampai ke destinasi Candi Cetho ini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan luas perkebunan teh yang pastinya dapat memanjakan mata. Bahkan, bisa membuat siapa saja yang melihatnya merasa rileks akan kehijauan kebun tersebut.

Tentang Candi Cetho

Saat Anda memilih paket wisata Solo jangan lewatkan untuk mengunjungi Candi Cetho yang memiliki keindahan luar biasa. Suasana yang ada di sana serta pemandangannya pun tersaji begitu indah, seakan Anda bukan berada di Solo melainkan serasa di Bali.

Perlu diketahui, bahwa Candi Cetho memiliki sembilan tingkat berundak yang diselaraskan dengan gapura besar pada bagian depan candinya. Bahkan, sudah diperkirakan telah ada dan dibangun sekitar abad ke empat belas saat tepatnya di akhir kerajaan majapahit.

Uniknya, sebelum memasuki kawasan Candi Cetho para pengunjung diharuskan memakai kain poleng yang bentuk fisiknya memang seperti kain biasa tapi dikenakan di bagian pinggang. Mengapa? Karena Candi tersebut masih aktif digunakan untuk beribadah untuk agama Hindu.

Kenapa Harus Berlibur ke Candi Cetho?

Berkeliling kota yang terkenal akan destinasi menariknya, tentu saja hal tersebut tak boleh dilewatkan. Untuk menemani perjalanan Anda, kini tersedia sewa mobil Solo yang kapanpun bisa mengantar kemanapun diinginkan.

Berwisata ke kota Solo merupakan pilihan yang tepat, banyak sekali destinasi unik, menarik dan juga indah yang bisa dijadikan momen berharga bersama keluarga Anda. Tak hanya Candi Cetho saja, namun ada taman balekambang, air terjun tawangmangu dan destinasi unik lainnya di kota Solo.

Candi Cetho Kota SoloJika Anda berniat ingin ke Candi Cetho, pastikan kendaraan yang akan digunakan untuk melintas memiliki keadaan yang kuat. Mengingat letaknya berada di lereng gunung, jadi pastinya jalan atau treknya akan semakin menanjak..

Harga Tiket Untuk Masuk Ke Candi Cetho

Berbicara mengenai harganya, bila akan masuk ke dalam Candi Cetho Anda hanya dikenakan biaya yang cukup murah sekitar Rp 7.500 saja. Murah bukan? Untuk membayar biaya parkirnya pun sama seperti biaya pada umumnya.

Biaya parkirnya dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 3.000 untuk motor. Tak hanya itu saja, nanti pengunjung juga akan diberikan kain poleng. Kain yang nantinya akan dikenakan ke pinggang sebagai rasa hormat kepada orang yang beribadah di sana.

Jadi, setelah digunakan diharapkan untuk dikembalikan lagi. Mengingat Candi Cetho masih aktif dipakai sebagai sarana ibadah agama Hindu, maka mau tidak mau sebagai para pengunjung diharuskan untuk menggunakan kain poleng.

Demikian penjelasan singkat mengenai Candi Cetho Kota Solo dan beberapa informasi tentang destinasi tersebut. Semoga ulasan di atas mampu memberikan manfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda saat membacanya.

Jika berminat untuk liburan ke Candi Cetho anda bisa menggunakan Paket wisata 1 Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.

Baca Juga  Beberapa Pusat Batik Jogja

Leave a comment