Skip links

Pusat Batik Kauman

Pusat Batik Kauman – Jawa Tengah masih termasuk ke dalam salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi karena objek wisatanya lengkap. Tak heran para wisatawan banyak memilih kota Solo Jawa Tengah sebagai pilihan berliburnya, seperti halnya mengunjungi Pusat Batik Kauman.

Pusat Batik Kauman di Solo Jawa Tengah

Tidak hanya batik laweyan saja, akan tetapi batik kauman juga termasuk ke dalam salah satu pusat pengrajin batik tertua di Solo Jawa Tengah. Untuk dapat berkunjung kesana Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri atau bahkan dengan sewa mobil Solo agar lebih menikmati perjalanan.

Baca Rental Mobil Solo

Dulunya, batik kauman merupakan pemukiman kaum abdi dalem yang mempertahankan tradisinya sebagai pengrajin batik (membuat batik). Dibandingkan dengan batik laweyan, batik kauman memiliki tampilan motifnya yang klasik (dikenakan oleh keraton kasunanan).

Baca Juga  Taman Cerdas Jebres

Sampai sekarang batik kauman telah memiliki sekitar tiga jenis motif batik seperti batik cap, batik klasik menggunakan motif pakem atau batik tulis serta batik yang dikombinasi antara tulis dan cap. Semua itu bisa dipilih sesuka hati Anda dan tentu saja harganya memiliki variasinya sendiri.

Asal Mula Kauman Dikenal Sebagai Pusat Batik

Menjadi salah satu destinasi yang masuk ke dalam daftar paket wisata Solo membuat kawasan Kauman banyak dikunjungi bahkan para wisatawan sekalipun. Namun, kauman yang disebut sebagai pusat batik terkenal ini memiliki asal muasalnya. Simak penjelasannya berikut:

  1. Asal Kampung Batik Kauman

Pusat batik kauman telah diakui menjadi kampung wisata batik sejak tahun 2006. Tak hanya itu saja, kampung ini juga menyediakan berbagai macam tempat yang bisa dikunjungi seperti halnya tempat pelatihan batik, rumah dan showroom batik, pengembangan produk, hingga museum khusus batik.

Baca Juga  7 Tempat Wisata Unik di Solo Dengan Keunikan Tersendiri

Pusat Batik Kauman
Dahulu kampung kauman ini merupakan pemukiman kaum abdi dalem keraton kasunanan yang mampu mempertahankan salah satu tradisi yaitu cara membatik. Tidak jauh dari Pasar Klewer, ada beberapa tempat produksi batik lain seperti halnya batik cap, tulis dan juga kombinasi (cap dan tulis).

  1. Perbandingan Antara Batik Kauman dengan Laweyan

Bila dibandingkan dengan batik laweyan, batik kauman memiliki keunikannya sendiri yaitu dapat menyuguhkan motif batik klasik. Dapat dikatakan bahwa motif ini merupakan motif yang dikenakan oleh keraton kasunanan.

Pada umumnya semua batik sama saja entah laweyan atau kauman, semuanya tergantung pada selera masing-masing pengunjung yang datang. Kini telah tersedia hampir tiga puluh industri batik yang ada di kampung batik kauman ini. Jadi, akan semakin banyak pilihannya.

  1. Keunikan yang Dimiliki Kampung Batik Kauman

Keunikan yang ada di kampung batik kauman ini adalah, para pengunjung atau penjual sekalipun bisa melihat secara langsung proses pembuatan batik di rumah industri bahkan belajar membatik pun bisa dilakukan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga  Wisata Taman Satwataru Jurug Surakarta

Tak hanya itu saja, kampung batik kauman ini juga terdapat toko kerajinan, buku dan busana muslim. Lalu jika Anda ingin berkunjung kesana, disarankan untuk berjalan kaki saja atau bisa naik becak. Dengan begitu Anda bisa sambil menikmati suasana bangunan bergaya Jawa campur Belanda.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pusat Batik Kauman dan juga beberapa informasi penting yang bisa dijadikan acuan sebelum berkunjung ke sana. Jadikan liburan Anda menyenangkan bersama keluarga tercinta. Semoga pilihan objek wisata ini mampu memberikan manfaat lebih untuk pembaca.

Jika berminat untuk liburan ke Kebun Teh Ngargoyoso anda bisa menggunakan Paket wisata 1 Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.

Leave a comment