Skip links

Pusat Batik Laweyan

Pusat Batik Laweyan – Masih dalam kawasan Solo Jawa Tengah, tak hanya dikenal karena banyaknya destinasi atau objek wisata, akan tetapi juga terdapat tempat oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Seperti halnya Pusat Batik Laweyan dikenal sebagai pusatnya kerajinan batik tertua.

Pusat Batik Laweyan di Solo Jawa Tengah  

Apakah Anda termasuk ke salah satu orang pecinta batik? Jika iya, bermainlah ke kota Solo dengan menggunakan sewa mobil Solo. Disana pengunjung bisa mendapatkan banyak sekali model batik yang bagus dan tentunya sangat khas. Berbicara mengenai kearifan lokal memang kota Solo pilihannya.

Baca Rental Mobil Solo

Pusat batik laweyan kota Solo merupakan salah satu tempat kerajinan batik paling tua nomor dua. Mengapa harus laweyan? Kawasan di sana sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin batik dan juga pedagang, jadi berbicara mengenai hasil kerajinan tangannya bisa dianggap bagus.

Baca Juga  Mengetahui Museum Kasunanan Kota Solo

Kawasan laweyan telah menjadi ikon kota Solo karena menjual kain tradisional khas tanah air sejak tahun 1912 bertepatan dengan Sarikat Dagang Islam berdiri. Tak hanya dikenal akan keindahan batiknya saja, tapi laweyan juga terkenal karena bangunannya menyerupai gaya Eropa, Jawa dan juga Islam.

Kampung Batik Laweyan Kota Solo Jawa Tengah

Kawasan laweyan merupakan salah satu pusat kerajinan batik tertua yang ada di kota Solo. Mayoritas penduduk kampung laweyan adalah berprofesi sebagai pengrajin batik dan juga pedagang. Tak heran bila sangat banyak sekali model batik yang khas berasal dari sini.

Kampung laweyan ini juga telah menjadi ikon batik kota Solo, bahkan sampai sekarang sudah tersebar sebanyak dua ratus lima puluh motif dan model Batik Khas Kampung Laweyan ini. Ada perbedaan mencolok dari batik khas laweyan dengan kauman, yaitu dilihat dari warna batiknya.

Baca Juga  Kebun Teh Ngargoyoso Dan Segala Keindahannya

Jika laweyan cenderung lebih terang, sedangkan kauman berwarna gelap dan memiliki motif yang klasik. Tak hanya dilihat dari kerajinan batiknya saja tetapi para wisatawan pun juga menyukai arsitektur dari kampung laweyan ini, itu karena bangunannya bergaya Eropa, Jawa, Islam dan Cina.

Sejarah Kampung Batik Laweyan Solo

Berbicara mengenai kampung batik pasti tak lepas dari kawasannya yang terkenal akan mayoritas penduduknya yang bekerja sebagai pengrajin batik dan dikenal karena motif batiknya sangatlah khas. Apalagi kampung ini masuk juga ke dalam daftar paket wisata Solo. Simak penjelasan berikut:

  1. Salah Satu Kawasan yang Dikenal Akan Motif Batiknya

Jika Anda berkunjung ke kota Solo, banyak sekali yang bisa didapatkan. Tak hanya mengenai wisatanya saja tetapi ada budaya, sejarah dan juga edukasi yang bisa dijadikan pembelajaran saat berlibur ke kota bengawan ini. Semuanya ada dan lengkap tentu saja.

Pusat Batik Laweyan2Termasuk kampung batik laweyan ini, Anda bisa mengunjungi dengan menaiki becak untuk bisa sampai di sana. Kampung batik ini berupa lorong gang kecil dan jalannya pun yang menghubungan kota Solo serta jogja.

  1. Keunikan Bangunannya Diminati Banyak Wisatawan

Kampung batik laweyan termasuk ke dalam salah satu kawasan pengrajin batik paling diminati. Namun tak hanya itu saja, ternyata banyak para wisatawan menyukai model bangunan yang ada di kampung tersebut. Sebab, interior di setiap huniannya pun memiliki kemegahan seperti Istana Keraton Jawa.

Baca Juga  Museum Mangkunegaran

Sejarah yang dimiliki kampung laweyan ini bahkan sampai sekarang dijadikan sebagai destinasi wisata. Tak heran karena kampung ini dikenal akan pengrajin batiknya yang sangat khas Indonesia bahkan interior rumahnya sangat unik, mengundang wisatawan ikut berdecak kagum.

Demikian penjelasan singkat mengenai Kebun Teh Ngargoyoso dan juga beberapa informasi penting tentang destinasi tersebut. Jadikan liburan Anda menyenangkan bersama keluarga tercinta. Semoga artikel objek wisata di atas mampu memberikan manfaat lebih untuk pembaca sekalian.

Jika berminat untuk liburan ke Pusat Batik Laweyan anda bisa menggunakan Paket wisata Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.

Leave a comment