Skip links

Candi Sukuh Karanganyar Sebagai Warisan Dunia

Candi Sukuh Karanganyar – Destinasi Jawa Tengah seakan tiada habisnya, tak heran banyak para wisatawan yang berkunjung untuk dapat melihat langsung keindahannya. Salah satunya ialah Candi Sukuh Karanganyar yang sudah diakui pihak UNESCO sebagai warisan dunia yang ada di Indonesia.

Profil Candi Sukuh Karanganyar

Memiliki kesamaan dengan Candi Cetho, Candi  Sukuh juga terletak di lereng Gunung Lawu. Sedangkan lokasi lengkapnya berada di Dusun Sukuh Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kab. Karanganyar Jawa Tengah.

Pada awalnya adanya Candi Sukuh ini sempat dijadikan kontroversial. Mengapa? Itu karena bentuk fisik dari beberapa arca pada candi tersebut memperlihatkan alat reproduksi manusia, seperti halnya rahim seorang wanita juga ada di sana. Jadi, seakan tak pas bila dimasukkan ke paket wisata Solo.

Bentuk dari Candi Sukuh yang membuatnya terlihat beda dari candi lainnya ialah punden berundaknya. Saat Anda berkunjung ke sana, sekilas akan melihat seolah Candi Sukuh tersebut adalah piramida dari Mesir atau bahkan seperti kuil.

Keunikan dari Candi Sukuh Karanganyar

Sempat dijadikan hal yang sangat kontroversial karena Candi Sukuh ini memiliki beberapa arca yang cukup unik dan terlihat sedikit berbeda dari candi-candi yang lainnya. Uniknya, bentuk arcanya menyerupai alat reproduksi manusia bahkan ada yang menggambarkan pasangan berpose vulgar.

Candi Sukuh KaranganyarDi mana hal tersebut tentu saja sudah masuk ke arah pornografi, jika dibandingkan dengan zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini. Selain itu Candi Sukuh menyuguhkan gambar hingga bentuk phallus, vagina atau lingga dan juga yoni.

Struktur Candi Sukuh pun dikenal sangat menyerupai situs warisan dari bangsa aztec, suku maya, peninggalan budaya Inca bahkan jika dibandingkan sangat mirip dengan piramida di Mesir. Dengan banyaknya keunikan tersebut, membuat wisatawan semakin penasaran untuk melihatnya langsung.

Rute Menuju Candi Sukuh Karanganyar

Berbicara mengenai rute yang harus dilalui untuk sampai ke Candi Sukuh Karanganyar, ada baiknya Anda menyewa di jasa sewa mobil Solo sebagai teman perjalanan ke destinasi menarik tersebut. Agar semua berjalan dengan lancar karena mereka tentu berpengalaman dalam hal berkeliling kota.

Baca Rental Mobil Solo

Candi Sukuh berada tepat di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso yang berjarak sekitar 36 km dari kota Solo dan juga 20 km dari karanganyar. Disarankan bila menggunakan kendaraan pribadi, pengemudi harus terampil dalam mengemudi.

Mengingat jalannya yang sangat berliku-liku, menanjak dan juga sempit meskipun sudah beraspal. Jadi, pengemudi harus bisa berhati-hati dalam mengemudi. Tak heran, karena Candi Sukuh berada di lereng gunung lawu yang berketinggian 910 mdpl. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar dulu.

Tata Cara Sebelum Masuk  Dalam Candi Sukuh

Sebelum Anda memasuki area Candi Sukuh, sama seperti saat akan memasuki Candi Cetho semua pengunjungnya diwajibkan untuk mengenakan kain poleng. Kain dengan motif kotak-kotak berwarna hitam dan juga putih. Sekilas tampak seperti sedang berada di Bali bukan ?

Sebenarnya simbol dari motif kain poleng yang berwarna hitam putih tersebut memiliki arti yaitu keseimbangan alam. Para pengunjung bisa membayar kain poleng yang sempat diberikan seikhlasnya saja yang lalu dimasukkan ke dalam kotak donasi.

Saat memasuki Candi Sukuh, Anda akan disambut dengan jalan setapak yang dikelilingi hamparan taman yang luas. Ada juga pohon dan juga tanaman hias yang menghiasi sudut kompleks. Setelahnya para pengunjung bisa langsung mengeksplorasi candi.

Demikian penjelasan singkat mengenai Candi Sukuh Karanganyar dan beberapa informasi tentang destinasi tersebut. Semoga artikel di atas mampu memberikan manfaat dan bisa menambah pengetahuan saat membacanya.

Jika berminat untuk liburan ke candi Sukuh  anda bisa menggunakan Paket wisata  Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.

Baca Juga  Air Terjun Tawangmangu

Leave a comment