Skip links

Telaga Sarangan

Siapa yang tidak mengenal Telaga Sarangan? Dikenal akan keindahan danau dan alamnya, banyak orang memilih untuk berlibur bersama keluarga ke sana. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa fakta lain mengenai objek wisata ini yang membuat hati wisatawan terketuk untuk mengunjunginya.

Mengenal Telaga Sarangan

Telaga sarangan merupakan sebuah danau yang cukup besar dengan lokasi berada di Lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Akan tetapi tak sedikit orang menjadi salah paham akan keberadaan danau ini. Ada yang mengatakan berada di Jawa Tengah ada pulau di Jawa Timur.

Semuanya tidak salah, itu karena Telaga Sarangan terletak tepat di perbatasan antara Jawa Tengah dan juga Jawa Timur, apalagi tempatnya tidak terlalu jauh dari Tawangmangu. Jadi, Anda bisa mengakses wisata ini baik dari Magetan ataupun kota Solo.

Baca Juga  Taman Cerdas Jebres

Telaga Sarangan
Telaga sarangan ini berada dalam ketinggian 1.200 mdpl, suhu pada wisata ini bisa mencapai sekitar 15 hingga 20 derajat celcius. Jadi jangan heran bila ketika Anda berkunjung kesana selalu disuguhkan dengan suasana yang sedikit berkabut.

Tentang Telaga Sarangan

Telaga sarangan memiliki banyak sekali cerita seperti halnya mitos dan juga faktanya. Anda bisa mengunjungi wisata tersebut menggunakan sewa mobil solo atau bahkan kendaraan pribadi. Poin yang terpenting keadaannya harus fit agar perjalanan liburan menyenangkan. Berikut ulasannya:

  1. Mitos dari Telaga Sarangan

Telaga sarangan yang telah ada dalam daftar paket wisata solo ini ternyata memiliki mitos yang tidak banyak orang mengetahuinya. Memang, saat dilihat wisata ini seperti danau pada umumnya tapi sebenarnya ada mitos yang menjelaskan bahwa telaga sarangan berasal dari orang tua zaman dulu.

Baca Juga  Taman Balekambang Solo, Tempat Liburan yang Seru

Orang tua tersebut dulu sangatlah miskin hingga ketika mereka dikaruniai anak, kemiskinan semakin menggerogoti mereka. Seakan tak sanggup hidup miskin, mereka memilih untuk bertapa ke dalam hutan. Di akhir mereka diwajibkan memakan telur yang di luar dugaan mengubah mereka menjadi naga besar. Tak terima, mereka meronta di kawasan perkebunan sehingga membentuk telaga.

  1. Menjadi Daya Tarik dari Telaga Sarangan

Telaga sarangan memiliki daya tarik tersendiri, pemandangan alamnya yang indah sangat selaras dengan warna airnya yang terlihat bening dan segar. Siapapun pasti akan merasa tertarik akan suasananya karena sangat asri dan sejuk.

Apalagi di Telaga Sarangan ini Anda bisa menikmati wahana air di sana, seperti halnya sepeda air, becak air bahkan perahu juga ada. Tak hanya itu saja, Anda bisa berkeliling area wisata dengan menunggangi kuda. Seru sekali bukan?

  1. Rute yang Bisa Dilewati Menuju Telaga Sarangan

Berbicara mengenai rute yang bisa Anda lewati setelah sampai di telaga sarangan magetan Jawa Timur adalah menuju ke arah kabupaten karanganyar akan tetapi setelah melewati magetan. Lalu di pinggir jalan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari danau yang begitu luas.

Baca Juga  Museum Sangiran

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk bisa menuju ke telaga sarangan contohnya kereta api. Awalnya turun dari stasiun kota Solo lalu lanjut menaiki bus dengan jurusan Palur. Setelah sampai, kembali menaiki bus dengan jurusan tawangmangu lalu bus mini ke telaga sarangan.

Itulah tadi ulasa dari Telaga Sarangan yang bisa menambah wawasan para pembaca sekalian. Pastikan mengunjunginya bersama keluarga agar liburan tambah asyik. Namun, pastikan tetap santun dan menjaga kebersihannya ya. Semoga bermanfaat dan tetap taati peraturan.

Hubungi Kami

Jika berminat untuk liburan ke Museum Mangkunegaran anda bisa menggunakan Paket wisata Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.
Phone :  08112807780
Whatsapp : 08156706125

Leave a comment