Skip links

Museum Sangiran

Berkunjung ke tempat dengan banyak cerita sejarah pastilah sangat cocok dikunjungi bersama keluarga disaat musim liburan datang. Seperti halnya Museum Sangiran di kota Solo ini. Apa saja keunikan yang ada pada destinasi wisata tersebut?

Museum Sangiran Kota Solo

Museum Sangiran adalah salah satu museum di kota Solo yang menggambarkan kehidupan manusia purba. Ketika Anda berkunjung ke sana, suasana di dalam museum tersebut seakan membawa para pengunjung kembali ke kehidupan jutaan tahun silam. Dimana masih belum ada teknologi canggih.

Museum Sangiran solo
Museum Sangiran atau biasa disebut sebagai museum purbakala terletak di desa Krikilan, Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Tak begitu jauh dari kota Solo jadi hanya membutuhkan sekitar tujuh belas kilometer dari arah utara.

Baca Juga  Sentra Oleh-Oleh Solo

Museum Sangiran ini juga telah ditetapkan atau dicap sebagai warisan dunia UNESCO di tahun 1996. Tak heran karena saat memasuki museum tersebut Anda akan mendapatkan banyak informasi seputar kehidupan manusia purba yang ada di Jawa.

Pesona yang Dimiliki Museum Sangiran

Anda bisa mengunjungi Museum Sangiran dengan sewa mobil solo juga. Berbagai macam klaster di dalam museum tersebut dapat Anda kunjungi karena memiliki keunikannya masing-masing. Mari simak penjelasan berikut.

  1. Klaster Krikilan di Dalam Museum Sangiran

Di dalam klaster krikilan ini merupakan jenis yang paling besar di antara yang lain. Keberadaannya bertujuan sebagai pusat kunjungan dalam memberikan beberapa informasi lengkap kepada para pengunjung tentang Sangiran. Tak heran destinasi ini sudah ada dalam paket wisata solo.

Di dalam Museum Sangiran klaster krikilan mempunyai sebanyak tiga buah ruang yaitu kekayaan situs sangiran. Langkah kemanusiaan dan juga masa emas homo erectus di lima ratus tahun yang lalu. Di setiap ruang tersebut akan ditampilkan beberapa temuan yang ada di Sangiran.

  1. Klaster Dayu di Dalam Museum Sangiran

Di klaster dayu ini adalah salah satu bagian dari Museum Sangiran yang letaknya ada di desa dayu. Di sana Anda bisa melihat banyak kekayaan kehidupan sejak jutaan tahun lalu entah flora dan fauna atau bahkan manusia beserta budayanya. Tak lupa juga perubahan lingkungannya.

Baca Juga  Museum Radya Pustaka Surakarta Solo

Di dalam klaster dayu Museum Sangiran ini dikenal sangat populer karena display informasinya yang menarik. Hal yang menjadikan destinasi ini layak menjadi wisata edukasi adalah, Anda bisa turun tangga lalu diajak melihat kehidupan di masa jutaan tahun silam

  1. Klaster Bukuran di Museum Sangiran

Selanjutnya ada klaster bukuran yang berada di desa bukuran kalijambe Sragen. Dikenal karena lokasinya sangat penting untuk dikunjungi, banyak sekali temuan mengenai sisa dari manusia purba. Seperti halnya penemuan tengkorak yang berasal dari situs paleoantropologi.

Sedangkan bagian lantai bawah klaster bukuran ini berisikan bukti dari peninggalan fosil manusia purba tapi replikanya. Terdapat sekitar dua belas cetakan dari fosil tengkorak manusia ikut disajikan supaya para pengunjung mengetahui tahap perkembangan dari manusia.

  1. Klaster Ngebung di Museum Sangiran

Untuk klaster ngebung ini berada sebelah utara klaster krikilan, Anda hanya perlu menempuh sekitar 3 km. Klaster ini juga dikenal karena lokasinya memiliki nilai historis yang tinggi. Tak heran banyak para wisatawan datang berkunjung.

Baca Juga  Pusat Oleh-Oleh Museum Batik Danar Hadi

Di dalam klaster ngebung ini terdapat juga sekitar seratus dua puluh tiga koleksi cagar budaya dan juga empat puluh tujuh non cagar. Sangat direkomendasikan sekali bila ingin berlibur ke tempat ini. Akan banyak sekali edukasi yang akan didapatkan.

Mobil Pilihan untuk Rental Mobil Solo

Museum Sangiran memang sangat cocok untuk dikunjungi, terlebih buat anak-anak untuk berwisata edukasi.

Hubungi Kami

Jika berminat untuk liburan ke Museum Mangkunegaran anda bisa menggunakan Paket wisata Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.
Phone :  08112807780
Whatsapp : 08156706125

Leave a comment