Skip links

Museum Mangkunegaran

Serasa tak lengkap bila Anda berkunjung ke kota Solo, tapi tidak mengunjungi Museum Mangkunegaran yang dikenal akan keindahan warisan khas Jawanya. Tidak hanya warga lokal saja akan tetapi ada wisatawan asing juga ikut meramaikan tempat tersebut.

Museum Mangkunegaran Kota Solo

Bagi yang belum mengetahui tentang tempat ini, Museum Mangkunegaran berada dalam kompleks Pura Mangkunegaran dan menempati pada bangunan utama yaitu bernama dalem ageng. Lokasinya tepat di pertengahan kota Surakarta, kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari.

Dalem ageng sendiri adalah bangunan di Pura Mangkunegaran dan dijadikan sebagai tempat upacara tradisional serta mempunyai bentuk limasannya sebanyak delapan buah tiang penyangga, tak ada plafon.

Museum Mangkunegaran

Dalam Museum Mangkunegaran banyak tersimpan benda purba yang sudah ada sejak 1926. Ada juga koleksi perunggu, keperluan meditasi, hingga barang yang terbuat dari emas contohnya kalung, gelang, anting, subang, badong, rantai, jam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga  Candi Prambanan

Tentang Museum Mangkunegaran

Dalam menemani perjalanan Anda ke Jawa Tengah, jangan lupa untuk menggunakan sewa mobil solo. Tak hanya dikenal memiliki keraton saja, kota Solo juga mempunyai wisata bersejarah lainnya yaitu Museum Mangkunegaran yang dikenal sebagai istana kediaman keluarga kerajaan.

Mobil Pilihan untuk Rental Mobil Solo

  1. Museum Mangkunegaran

Museum Mangkunegaran atau Pura Mangkunegaran ini umumnya memiliki sedikit kesamaan dengan keraton. Pada pura tersebut mempunyai pendopo, pamedan, pringgitan dan juga kaputren, semua bangunannya sangat kokoh termasuk tembok banteng.

Saat memasuki museum tersebut, para pengunjung akan disuguhkan dengan adanya koleksi bersejarah tentang perjuangan rakyat Indonesia. Koleksi tersebut disimpan secara rapi di dalam meja terbungkus kaca. Tersimpan juga pedang, akik, bambu runcing, lencana dan lain sebagainya.

  1. Pura Mangkunegaran

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Museum Mangkunegaran ini ada di dalam kompleks Pura Mangkunegaran. Tempat tersebut biasanya digunakan dalam acara upacara adat dan juga tarian yang dinamakan tari beksan.

Baca Juga  Museum Radya Pustaka Surakarta Solo

Menurut kabar, dulu kekayaan yang dimiliki sri paduka sangatlah banyak. Dengan seiring kemerdekaan di Indonesia, kekayaan tersebut dikelola oleh pemerintah termasuk pabrik gula yang ada di Solo dan juga stasiun kereta api balapan.

  1. Koleksi dari Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran dikenal telah berdiri pada 17 Maret 1757, bangunannya pun memiliki ciri yaitu bergaya khas Jawa serta Eropa. Tak hanya itu saja, di kawasan Mangkunegaran menyediakan guide atau pemandu yang mahir dalam berbagai bahasa untuk mengantar para turis asing.

Berbicara mengenai harga tiket masuk ke dalam Mangkunegaran ini biasanya sekitar sepuluh ribu rupiah untuk wisatawan dalam negeri (domestik) atau dua puluh ribu bagi wisatawan asing. Dengan biaya terjangkau bisa puas menikmati beberapa koleksi kerajaan zaman dulu di sana.

  1. Wisata Pura Mangkunegaran

Berkunjung ke destinasi yang sudah terdapat dalam daftar paket wisata solo tentunya sangat direkomendasikan dan dijamin pasti akan menyenangkan pula jika mengajak keluarga besar tercinta berlibur melepas penat.

Baca Juga  7 Tempat Wisata Unik di Solo Dengan Keunikan Tersendiri

Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam koleksi tradisional bahkan juga memiliki perpustakaan yang dinamakan Rekso Pustoko. Koleksi topeng tradisional pun juga ada di sana, asalnya dari solo, yogyakarta, madura, cirebon bahkan bali.

Museum Mangkunegaran menyimpan sejuta sejarah dari zaman lampau yang bisa Anda nikmati di era modern seperti sekarang ini. Dengan begitu, akan lebih melek terhadap beberapa informasi dan juga beberapa peninggalan bersejarah yang ada di sana. Tidak heran jika lokasi ini sangat mengedukasi pengunjung.

Jika berminat untuk liburan ke Museum Mangkunegaran anda bisa menggunakan Paket wisata Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.

Leave a comment