Skip links

Candi Prambanan

Candi Prambanan - Pembangunan komplek Candi Prambanan dimulai pada masa Rakai Pikatan, raja Kerajaan Medang/Mataram. Candi ini didedikasikan untuk dewa Hindu tertinggi yaitu Dewa Siwa dan dipelihara oleh raja-raja berikutnya sampai sekarang. Pada puncaknya, ada 240 bangunan dengan kompartemen yang berfungsi sebagai kuil kerajaan. Anda bisa mengunjungi Prambanan dari Solo menggunakan kendaraan sewa mobil di Solo.

Karena letusan gunung terdekat yakni Gunung Merapi membuat sedikit kekacauan pada Candi Prambanan. Setelah bertahun-tahun diabaikan, Prambanan ditemukan kembali dan dilakukan restorasi formal pada tahun 1930. Sebagian besar batu asli telah dicuri, hanya bangunan dengan 75% bahan asli yang tersedia yang dibangun kembali. Namun gempa bumi yang menimpa Yogyakarta tahun 2006 menyebabkan kerusakan serius pada Candi.

candi-prambanan Legenda Candi Prambanan

Biasanya tour ke Prambanan ini dijadikan satu dengan tour Borobudur. Nah, untuk menghemat saat sewa mobil mewah di Solo, lebih baik Anda jadikan satu hari saja ke tempat-tempat tersebut. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Candi Prambanan terbentuk karena seorang pria bernama Bandung Bondowoso ingin menikahi seorang putri cantik bernama Roro Djonggrang. Meski raja menyetujui permintaannya, sang putri tidak mau mematuhinya.

Sang putri memiliki ide cerdas untuk menghindari pernikahannya itu.  Roro Jonggrang berkata pada Bandung Bondowoso, bahwa dia bersedia menikah bila Bandung Bondowoso bisa membangun 1.000 candi sebelum fajar menyingsing. Saat Bandung Bondowoso hampir berhasil membangun 1000 candi, tiba-tiba ayam berkokok yang berarti matahari sudah terbit. Ternyata itu ulah dari Roro Jonggrang agar keinginan Bandung tidak terwujud.

Saking marahnya, Bandung Bondowoso mengutuk sang putri menjadi batu. Patung tersebut berada di Candi utama dan dijadikan nama untuk candinya. Rara Jonggrang berarti gadis langsing dan candi didekatnya disebut dengan Candi Sewu. Bangunan utama didedikasikan untuk Trimurti. Bangunan terbesar di tengah didedikasikan untuk Siwa. Di kedua sisi adalah struktur yang dibangun untuk Brahma (Sang Pencipta) dan Wisnu (Pemelihara).

Di sepanjang sisi ketiga candi ini adalah ukiran yang rumit yang menceritakan epik Hindu Ramayana. Berlawanan dengan ini ada tiga candi kecil yang dipersembahkan untuk kendaraan masing-masing dewa. Diantaranya Nandi yang merupakan banteng untuk Siwa, Hamsa merupakan angsa suci bagi Brahma dan Garuda elang untuk Wisnu. Di kejauhan, Anda juga bisa melihat Gunung Megah dan masih berapi hingga sekarang yakni Gunung Merapi. Anda bisa melakukan tour ke Prambanan dengan view Merapi dengan kendaraan rental mobil di Solo.

Info untuk Wisatawan

Jarak antara Solo dengan Prambanan adalah sekitar 49,1 km dan bisa ditempuh dengan sarana transport di Solo kira-kira 1,5 jam. Anda bisa naik bus lokal atau lebih menyenangkan sewa mobil di Solo dari Persada Solo Group saja. Candi ini buka dari pukul 6:00-18:00. Harga Tiket Masuk di Candi Prambanan Rp 30 ribu untuk orang dewasa dan Rp 12500 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara $18 untuk orang dewasa dan $9 untuk anak-anak.

Selain candi utama, Anda juga bisa melihat museum kecil dan beberapa candi lainnya, seperti Lumbung atau Candi Sewu yang disebutkan di atas. Sebaiknya rencanakan kunjungan Anda ke Prambanan untuk sore hari. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari panas dan bisa menyaksikan tarian Ramayana di malam hari.

Fasilitas di Candi Prambanan

  • Parkir
  • Kedai makanan dan Minuman
  • Toilet
  • Akomodasi hotel
  • Jual Pernah Pernik
Baca Juga  Taman Cerdas Jebres

Leave a comment