Skip links

Candi Borobudur Yogyakarta

Siapa yang tak mengenal Candi Borobudur ? Hampir banyak orang memilih candi ini sebagai pilihan destinasinya saat berkunjung ke kota Yogyakarta bersama keluarga. Selain candi Prambanan, candi satu ini bisa Anda jadikan tujuan saat berlibur.

Candi Borobudur Yogyakarta

Candi Borobudur Yogyakarta merupakan candi agama Budha terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga di masa Wangsa Syailendra tepatnya pada 824 Masehi. Memiliki luas sekitar 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 504 patung, 72 stupa dan juga 1 stupa induk.

Di saat Anda berkunjung ke Candi Borobudur di hari biasa biasanya sebelum senja akan diminta pergi, akan tetapi beda jika bertepatan dengan hari Waisak. Anda justru dapat berpuas diri melihat pemandangan indah karena candi akan sangat megah ketika tersorot lampu.

Baca Juga  Sentra Oleh-Oleh Solo

Candi Borobudur Yogyakarta
Pemandangan tersebut bisa disaksikan saat bertepatan dengan Waisak saja, karena dengan hari itu hingga senja pun masih diperbolehkan berada di kawasan candi Borobudur. Menikmati sejuknya udara, suasana yang damai dan tenang. Apalagi sorotan lampu di candi menambah kemegahannya.

Tentang Candi Borobudur Yogyakarta

Saat Anda memilih untuk berkunjung ke candi Borobudur ada baiknya untuk menggunakan sewa mobil solo juga. Jangan lupa untuk selalu persiapkan barang yang hanya perlu dibawa saat berlibur ke wisata bersejarah ini.

  1. Sejarah yang Ada di Candi Borobudur Yogyakarta

Seperti yang Anda ketahui bahwa Candi Borobudur diperkirakan telah dibangun oleh Raja Samaratungga. Ya, ini tak lain berasal dari Wangsa Syailendra kemudian diselesaikan oleh putrinya yaitu Ratu Pramudawardhani tepatnya di abad ke 9.

Candi Borobudur yang telah ada dalam paket wisata solo ini dikabarkan bahwa Gunadarma dianggap menjadi arsitek candi Borobudur. Dikarenakan beliau berbaring seraya memandang candi hingga tertidur dan tubuhnya itu berubah menjadi sebuah bukit.

  1. Relief yang Ada di Candi Borobudur Yogyakarta

Pada Candi Borobudur memiliki sebanyak 2672 panel relief dan jika disusun secara berjajar panjangnya bisa mencapai sekitar 6 km. Untuk reliefnya dibagi menjadi empat kisah utama seperti halnya Karmawibhangga, Jataka atau Awadana, Lalitavistara dan juga Gandawyuha.

Baca Juga  Museum Sangiran

Tak hanya mengisahkan sejarah pada zaman dahulu, relief di Candi Borobudur juga berkisah tentang kemajuan masyarakatnya di masa itu. Nah, untuk bisa mengetahui perjalanan ceritanya diharuskan berjalan mengikuti arah jarum jam dari arah pintu timur.

  1. Cara Menuju ke Candi Borobudur Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Candi Borobudur tapi menggunakan kendaraan umum. Langkah awal harus menuju ke terminal bus Jombor terlebih dahulu agar bisa menaiki bus dengan jurusan ke lokasi. Nah, jika ada di kota, naikilah bus Trans Jogja.

Bus dengan jurusan ke Candi Borobudur ini biasanya ukurannya relatif kecil daripada antar kota atau antar provinsi dan biayanya sekitar sepuluh ribu saja dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Setelah sampai terminal Borobudur dilanjut menaiki becak atau jalan kaki.

  1. Wisata Candi Borobudur Yogyakarta

Anda juga bisa berkunjung ke Candi Borobudur Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi jika tak ingin repot harus naik turun kendaraan umum. Jadi, jalan utama untuk bisa ke lokasi adalah lewat jalan Magelang dari Yogyakarta.

Baca Juga  Air Terjun Tawangmangu

Untuk bisa ke jalan Magelang tersebut, pergilah ke terminal bus Jombor terlebih dahulu lalu jalan ke arah utara ke kota Magelang. Sekitar 40 km nanti Anda akan bertemu dengan tugu bambu runcing muntilan setelah itu ada pertigaan palbapang lalu ambil sisi kiri.

Mobil Pilihan untuk Rental Mobil Solo

Candi Borobudur merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia, maka Anda harus mengunjunginya di saat liburan tiba.

Hubungi Kami

Jika berminat untuk liburan ke Museum Mangkunegaran anda bisa menggunakan Paket wisata Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.
Phone :  08112807780
Whatsapp : 08156706125

Leave a comment