Skip links

Air Terjun Tawangmangu

Berbicara mengenai destinasi yang menarik, jangan lupa untuk mengunjungi wisata Air Terjun Tawangmangu. Tempat wisata satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sangat menyukai wisata air dengan pemandangannya yang indah dan sejuk.

Dimana Letak Air Terjun Tawangmangu?

Air Terjun Tawangmangu atau biasa dikenal dengan nama Grojogan Sewu. Tawangmangu sendiri merupakan nama dari kecamatan yang terletak di kabupaten Karanganyar. Letak air terjun tawangmangu ini berada tepatnya di lereng Gunung Lawu. Tak heran panoramanya sangat indah.

Air terjun ini memiliki ketinggian airnya yang mencapai delapan puluh meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu saja, Grojogan Sewu termasuk ke dalam salah satu objek paling diminati selain candi dan wisata kuliner lainnya.

Dalam perjalanan menuju ke air terjun tawangmangu, Anda bisa mengandalkan sewa mobil Solo atau bisa saja membawa kendaraan sendiri. Untuk bisa mencapai lokasi, para pengunjung harus menaiki anak tangga kurang lebih sebanyak seribu anak tangga.

Baca Juga  Keraton Kasunanan Surakarta Solo

Baca Rental Mobil Solo

Berbagai Macam Jenis Air Terjun Tawangmangu

Dikenal akan panoramanya yang indah, air terjun tawangmangu memiliki banyak jenis air terjun. Jadi, tidak hanya Grojogan Sewu saja akan tetapi masih ada lagi yang lainnya. Lalu apa saja jenisnya?

  1. Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun grojogan sewu adalah salah satu wisata air yang paling terkenal di daerah Tawangmangu bahkan sudah dijadikan ikon pariwisata dan tersedia dalam paket wisata Solo. Pancuran airnya akan deras saat musim hujan, akan tetapi akan sedikit jika telah masuk musim kemarau.

Air Terjun TawangmanguDalam perjalanan menuju lokasi pariwisata air terjun grojogan sewu ini, Anda akan dijumpai oleh banyaknya kera yang tinggal di sekitar air terjun tersebut. Adapun mitos yang mengatakan bahwa jika sepasang kekasih melewati jembatan yang ada di depan air terjun, hubungannya tidak akan lama.

  1. Wisata Air Terjun Pringgodani

Meskipun air terjun pringgodani tak seterkenal air terjun grojogan sewu, akan tetapi keindahannya juga tak kalah dengan destinasi wisata air lainnya. Apalagi pancuran airnya yang jauh lebih tinggi mampu menampakkan panorama yang sangat indah.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Alam Di Solo

Sebenarnya, wisata air terjun pringgodani tidak bisa dikatakan sebagai objek wisata justru tempat pertapaannya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Letaknya ada di atas air terjun tersebut. Sementara air terjunnya hanya bisa dinikmati dari jauh, karena lokasinya terlalu sulit untuk dijangkau.

  1. Wisata Air Terjun Jumog

Air terjun jumog ini letaknya tepat di sebelah utara Tawangmangu, Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Pancuran air terjunnya setinggi tiga puluh meter, tidak sama dengan air grojogan sewu yang saat musim kemarau akan sedikit air yang keluar. Air terjun ini justru sebaliknya.

Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil saat masuk musim kemarau. Untuk dapat menuju lokasi, para pengunjung diharuskan menuruni anak tangga sebanyak 116, lalu setelah sampai bawah masih harus berjalan sejauh seratus meter.

  1. Wisata Air Terjun Jumog Putri

Tak kalah dengan pesona air terjun grojogan sewu, air terjun jumog putri justru memiliki pemandangannya yang sangat indah. Air terjun ini memiliki lokasi yang cukup strategis dikarenakan letaknya ada di pinggir jalan raya.

Baca Juga  Museum Mangkunegaran

Anda bisa mengunjungi objek wisata tersebut selama sepuluh menit dari pasar tawangmangu. Meskipun berada di pinggir jalan, objek wisatanya tak kalah menarik dengan lainnya. Apalagi area parkirnya sangat luas untuk roda dua dan empat

Demikian penjelasan singkat mengenai Air Terjun Tawangmangu dan juga beberapa informasi penting tentang objek wisata tersebut. Jadikan liburan Anda menyenangkan bersama keluarga tercinta.

Jika berminat untuk liburan ke Air Terjun Tawangmangu anda bisa menggunakan Paket wisata Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.

Leave a comment