Skip links

Air Terjun Parang Ijo di Solo, Wisata Alam yang Eksotis

Air Terjun Parang Ijo di Solo merupakan destinasi yang terletak di lereng Gunung Lawu. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 60 meter. Walaupun tidak seterkenal air terjun Tawangmangu, tapi jalurnya lebih mudah dibandingkan saat menuju ke air terjun Tawangmangu. Kalau dari kota Solo, anda bisa menempuhnya dengan kendaraan sewa mobil di Solo, lalu berhenti di area parkir. Anda hanya perlu melalui sedikit anak tangga saja.

Memang wilayahnya tidak luas, tapi sangat menarik untuk disinggahi karena lingkungannya asri. Airnya juga begitu jernih dan menyegarkan, anda bisa mengambil beberapa foto terbaik dengan latar belakang yang memukau. Berlibur ke Air Terjun Parang Ijo di Solo akan membuat waktu anda berkesan, terlebih lagi jika membawa orang-orang tercinta. Berikut ulasannya!

Sejarah dan Daya Tarik Air Terjun Parang Ijo di Solo

Sebelum anda melangkahkan kaki ke kota Surakarta lalu rental mobil di Solo menuju air terjun ini, ada baiknya mengetahui sejarah terbentuknya tempat wisata ini. Berdasarkan cerita warga setempat, pada tahun 1942 lalu di sebuah dusun yang lokasinya cukup jauh dari pusat pemerintahan  itu ada pohon tua. Pohon tua itu ukurannya sangat besar serta warna daunnya hijau. Pohon tersebut dikeramatkan oleh warga sekitar karena tidak bisa ditebang.

Air Terjun Parang Ijo di Solo
Air Terjun Parang Ijo di Solo

Keberadaannya tidak lama akibat dusun tersebut dilanda banjir bandang (dikenal dengan Baru Klinting oleh warga). Banjir besar itu menumbangkan pohon tersebut, lalu membawanya bersama derasnya arus. Namun, pohon itu justru tetap berdiri tegak dan memperoleh tempat yang baru yaitu diantara tebing atau parang. Sehingga, memudahkan air yang mengalir dari atas tebing ke lembah melewati batangnya.

Aliran air itu terus mengalir hingga sekarang yang membuat pohon semakin hijau karena tumbuhnya lumut-lumut. Sejarah ini berlanjut pada tahun 1982 wilayah ini kembali dilanda Banjir Baru Klinting serta kembali menerjang pohon diantara parang itu. Akibatnya, sebagian pohon hilang dan menyebabkan aliran air terjun ke bawah lembah langsung tanpa perantara. Sehingga membentuk air terjun yang dinamakan dengan Parang Ijo artinya hijau diantara dua tebing.

[us_message icon=”fas|map”]Obyek wisata yang bisa di kunjungi bersama Persada Solo bisa di Baca Disini [/us_message]

Fasilitas di Wilayah Air Terjun

Selain sebagai air terjun yang asri dan indah, disana anda juga bisa melakukan aktivitas flying fox dengan harga Rp 10 ribu/ orang. Selain itu, tersedia Gardu Pandang dan beberapa fasilitas untuk bermain anak-anak, salah satunya kolam renang yang dangkal. Kalau anda sudah kesorean, bisa menginap di penginapan yang disediakan oleh penduduk. Walaupun tidak semewah hotel bintang lima, tapi penginapannya nyaman dan bersih.

Letak dan Akses Menuju Air Terjun Parang Ijo

Letak Air Terjun Parang ijo di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Kalau anda naik kendaraan umum dari Solo akan sedikit rumit, jika tidak mau begitu lebih baik sewa mobil di Solo beserta supir agar lebih mudah menemukan lokasinya. Harga tiket masuk ke air terjun ini sangat terjangkau yakni hanya Rp 2500/ orang. pengelolaan dan perawatan objek wisata air terjun parang ijo dilakukan oleh warga setempat. Sebelum anda membayar HTM, anda harus membayar retribusi.

Mulailah untuk melingkari kalender untuk menentukan kapan pergi berlibur ke Solo. Dapatkan kenyamanan yang menyenangkan bersama Persadasolo.net yang menyediakan beragam kendaraan rental mobil di Solo. Pesan kendaraan terlebih dahulu sebelum tiba di Solo supaya bisa dijemput langsung oleh tim persadasolo.net.

[us_message icon=”fas|car”]Pilihan mobil yang lain di Persada Solo bisa di Baca Disini [/us_message]

Detail Information

Lokasi : Perum Graha Mayang No 5 Mayang Gatak Sukoharjo Surakarta Jawa Tengah
Phone : 08112807780
Whatsapp : 08156706125
Email : info@persadasolo.net

Leave a comment

Open chat