Skip links

Pusat Oleh-Oleh Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi – Berkunjung ke kota Solo bersama pujaan hati, jangan lupa untuk mampir ke Museum Batik Danar Hadi. Salah satu lokasi di Jawa Tengah ini seakan menjadi ikon wisata, maka tak heran banyak wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut.

Museum Batik Danar Hadi Kota Solo

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi yang telah berdiri sejak 1967 ini berlokasi tepatnya di Jalan Slamet Riyadi. Di sana, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa banyaknya koleksi batik terbaik sepanjang jalan. Berbagai jenis batik dari masa ke masa dihadirkan dengan menarik dan modern.

Koleksi batik yang dipajang di dalam Museum Batik Danar Hadi berasal dari berbagai daerah meliputi batik asal keraton, china, jawa hokokai, pesisir, sumatera, dan masih banyak lagi jenis batik lainnya. Bahkan kabarnya koleksinya ada sekitar seribu helai dan telah diakui oleh MURI.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melihat proses dari pembuatan batiknya secara langsung. Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai arsitektur dari bangunan khas Jawa yang bernama Ndalem Wuryaningratan.

Tentang Museum Batik Danar Hadi

Mengunjungi Jawa Tengah menggunakan jasa sewa mobil Solo juga bisa dijadikan pilihan Anda. Ada banyak keunikan dan ceritanya masing-masing dari Museum Batik Danar Hadi ini. Apa saja? Yuk, mari simak penjelasan berikut.

1. Museum Batik Danar Hadi Diresmikan Oleh Wapres

Museum Batik Danar Hadi dikenal akan banyaknya batik yang dipajang dan sangat terjamin kualitas kainnya. Karena batik yang disimpan di sana dirawat secara baik mulai dari kelembaban bahkan hingga suhu udaranya sekalipun.

Museum Batik Danar Hadi ini dikabarkan telah diresmikan oleh wakil presiden. Ya, saat itu dijabat oleh ibu Megawati Soekarnoputri tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2000. Di dalam museum ini terdapat sebanyak sebelas ruangan dan masih dibagi lagi menjadi sembilan jenis batik.

2. Museum Batik Danar Hadi Adalah Milik Pribadi

Destinasi yang masuk ke dalam paket wisata Solo ini sangat direkomendasikan untuk Anda jika berkunjung ke Jawa Tengah. Dengan lokasi yang berada tepatnya di jalan Slamet Riyadi No. 261 Laweyan Surakarta, dikabarkan bahwa museum ini merupakan milik pribadi.

Pengusaha batik yang berasal dari kota Solo lah pemiliknya yaitu bernama H. Santosa Doellah. Museum Batik Danar Hadi sudah berdiri sejak 1967 dan dibuka setiap hari mulai jam sembilan pagi hingga setengah lima sore dengan membayar tiket masuk sebesar tiga puluh lima ribu (umum) dan lima belas ribu (pelajar atau mahasiswa).

3. Memiliki Koleksi Batik Terbanyak di Indonesia

Jangan heran bila Museum Batik Danar Hadi memecah rekor menjadi museum yang menyimpan batik paling banyak se Indonesia. Bagaimana tidak, mereka menyimpan hampir seribu helai bahkan lebih. Dengan hal ini MURI (Museum Rekor Indonesia) mengakui tempat ini sebagai koleksi batik terbanyak.

Seperti ulasan di atas, bukan hanya dikenal dengan banyaknya batik yang dipajang di sana. Namun, Museum Batik Danar Hadi juga terkenal akan koleksi batiknya yang memiliki kualitas terbaik apalagi ada berbagai macam batik dari berbagai daerah selain kota Solo.

Demikian ulasan singkat dari Museum Batik Danar Hadi yang ada di kota Solo. Saat Anda mengunjungi Jawa Tengah jangan lupa untuk mampir ke destinasi ini, dijamin akan terpesona akan keindahan batik daerahnya. Pastikan pula membawa yang cukup untuk membeli oleh-oleh di sana.

Mobil Pilihan untuk Rental Mobil Solo

Hubungi Kami

Jika berminat untuk liburan ke Museum batik Danar Hadi Solo anda bisa menggunakan Paket wisata 3 Solo yang sudah include semuanya dari Persada Solo Group.
Phone :  08112807780
Whatsapp : 08156706125

Baca Juga  Taman Balekambang Solo, Tempat Liburan yang Seru