Skip links

Benteng Vastenburg atau Vastenburg Fort merupakan salah satu benteng peninggalan Belanda yang berada di Gladak Surakarta. Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff memerintahkan anak buahnya untuk membangun benteng ini pada tahun 1745. Anda bisa mengunjunginya dengan sewa mobil di Solo agar lebih nyaman. Benteng ini digunakan untuk pengawasan pemerintah Belanda pada penguasa Surakarta, terutama keraton Surakarta. Benteng ini juga dijadikan sebagai pusat garnisun dan destinsai tujuan wisata di Solo.

Letaknya itu bersebrangan dengan kediaman Gubernur Belanda yang sekarang menjadi kantor Balaikota Surakarta di kawasan Gladak. Tembok benteng itu berbentuk bujur sangkar dengan bagian ujung-ujungnya memiliki tonjoloan ruang yang disebut dengan selekoh atau bastion. Sementara itu, di sekeliling temboknya ada parit yang bermanfaat untuk melindungi dengan jembatan pada pintu depan dan belakang. Sebelum mengunjunginya dengan kendaraan rental mobil di Solo, ketahui dulu apa saja yang istimewa dari benteng ini!

Daya Tarik Benteng Vastenburg Fort

Bangunan Benteng Vestenburg terdiri dari beberapa gedung terpisah yang mempunyai fungsi masing-masin dalam militer. Di bagian tengah ada lahan terbuka yang digunakan untuk apel bendera atau persiapan pasukan sebelum bertugas. Setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini dimanfaatkan untuk markas TNI dalam mempertahankan kemerdekaan. Di tahun 1970-1980 an Benteng Vastenburg berfungsi sebagai pusat Brigade Infanteri 6/ Trisakti Baladaya Kostrad dan tempat latihan keprajuritan wilayah Karesidenan Surakarta.

Benteng Vastenburg solo
Sayangnya, setelah tahun 1980 an, bangunan ini tidak lagi digunakan. Sehingga, tidak terawat dan ditumbuhi semak belukar. Namun, sejak pemerintahan Ir. H. Joko Widodo, telah diadakan restorasi hingga menjadi wisata sejarah seperti sekarang. Tepatnya pada tahun 2014 cat yang sudah banyak mengelupas, diganti dengan warna putih bersih. Letaknya yang berada di kota, mudah sekali anda temukan dengan kendaraan sewa mobil di Solo.

Sejarah

Jika anda berkunjung kesana, pastilah sangat tertarik mendengarkan kisah Benteng Vastenburg Solo ini. Selain berguna untuk mengawasi pemerintahan di Surakarta, benteng ini juga dijadikan sebagai tempat berpesta para tentara kolonial waktu itu. Bahkan dipakai sebagai tempat penyiksaan pada bangsa pribumi. Pernah terjadi pertempuran sengit antara rakyat Indonesia dibantu TNI dengan pasukan Belanda untuk merebut benteng ini.

Dalam pertempuran itu, banyak rakyat yang gugur bahkan para wanita. Karena itu, dibangunlah Tugu Prasasti di sebelah selatan benteng, tepatnya di halaman kantor koperasi. Hal ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa pejuang yang telah gugur di medan pertempuran dalam memperebutkan Benteng Vastenburg Fort.

Letak dan Cara Menuju Benteng Vastenburg Fort

Letak benteng ini di Jl. Jenderal Soedirman Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jateng. Anda bisa menuju ke Jl. Baki-Solo menggunakan kendaraan rental mobil di Solo, lalu berbelok ke Jl. Brigjend Slamet Riyadi, kemudian menuju Jl. Jenderal Soedirman dengan arah ke Jl. Mayir Kusmanto. Nah, anda akan menemukan Benteng Vasternburg Fort. Anda bisa kapan saja mengunjunginya, karena buka selama 24 jam.

Untuk harga tiket masuknya cukup murah yakni hanya Rp 1 ribu/ anak-anak dan Rp 2 ribu/ dewasa. Dengan harga yang murah itu, anda bisa mendapatkan pengetahuan sejarah yang sangat berharga. Tidak perlu khawatir saat membutuhkan apapun ketika berkunjungi di benteng ini karena di sekitarnya ada restaurant, cafe, hotel, guest house, bakery, bank, ATM, dan banyak lagi. Agar nyaman dalam menjangkau semua tempat sangat disarankan untuk sewa mobil Solo. atau menggunakan paket wisata Solo dari Persada Solo.

Detail Information

Lokasi : Perum Graha Mayang No 5 Mayang Gatak Sukoharjo Surakarta Jawa Tengah
Phone : 08112807780
Whatsapp : 08156706125
Email : info@persadasolo.net